Siapa Lagi yang akan Bergabung

| No comment
Pin PPDB
Hari Minggu seharusnya saya di rumah bersama keluarga. Menikmati mentari yang merangkak ke permukaan dan melakukan olahraga ringan, joging misalnya atau jalan-jalan ke wisata terdekat. Banyak orang-orang yang melakukan aktifitas seperti itu, apalagi mereka yang memiliki rutinitas yang statis dari Senin hingga Jum'at. Hari libur atau Sabtu dan Minggu memiliki fungsi layaknya baterai yang me-recharge energi yang digunakan selama sepekan. 

Tapi untuk Minggu kali ini harus dijalani dengan cara berbeda. Setidaknya oleh 60 calon siswa yang duduk manis mengerjakan soal-soal tes. Berarti ada seratus dua puluh orang (enam puluh siswa dan enam puluh orangtua yang mengantar) yang di hari Minggu ini. Mereka datang dari berbagai tempat, tidak hanya dari kota Bandarlampung tapi juga dari daerah luar kota. Ada yang jauh-jauh datang dari Ranau, Lampung Barat, ada juga yang dari Metro atau dari Way Kanan. Sebagian ada yang memilih sekolah di Ar Raihan karena kakak atau saudara juga sekolah di sini, ada juga karena jiran tetangganya turut mendaftar di sini. Mereka punya ekspektasi masing-masing. 


Para calon peserta didik akan mengikut serangkaian test. Untuk test akademik, para peserta didik mengerjakan soal Matematika, bahasa Inggris dan Agama Islam. Jumlah soal pun berbeda-beda. Setelah menyelesaikan test tulis, calon peserta didik akan mengikuti tes lisan bahasa Inggris. Temanya hanya tiga: perkenalan diri, menyebutkan anggota tubuh, dan deskripsi. Hmm, pintar-pintarlah mendeskripsikan gambar atau tempat yang ditunjukkan. Caranya, lihailah membubuhi kata sifat di saat mendeskripsikannya.  Setelah selesai tes lisan, siswa akan mengikuti tes agama. Mereka akan diminta membaca satu atau dua lembar halaman Iqro', mempraktikkan wudhu, dan shalat. 

Rencana Pembelajaran Tahun Mendatang
Tahun Pelajaran 2015/2016 nanti, rencana SMP IT Ar Raihan akan membuka lima kelas dan masing-masing terdiri dari dua puluh enam siswa. Mereka juga akan mengalami sistem pembelajaran baru, yaitu Ilmu Alquran. Pelajaran Ilmu Alquran adalah pengembangan dari pembelajaran BBQ. Pelajaran ini secara berjenjang akan mempelajari Alquran, baik dari segi bacaannya yang mencakup tajwid dan tahsin, atau dari segi maknanya yang mencakup tafsir. 

Ups, jangan kaget dulu. Untuk cakupan tafsir akan diajarkan setelah mereka lulus SMP dan melanjutkan pembelajaran di SMA IT Ar Raihan. Jadi, selama di SMP, peserta didik akan mendalami materi-materi tentang baca Alquran. Materi ini akan bersanding dengan Tahfidz Alquran. 

Program ini bukan program uji coba, tapi pemantapan dari program BBQ sebelumnya. Tidak tanggung-tanggung, sekolah mengalokasikan 6 jam tatap muka, berarti ada tiga kali pertemuan dalam sepekan, untuk pelajaran ilmu Alquran dan 4 jam tatap muka untuk pelajaran Tahfidz. Materi-materi ini sudah diperhitungkan sedemikian rupa dan tidak akan mengganggu pelajaran-pelajaran lainnya. 

Oleh karen itu, siapapun yang nantinya bergabung dengan SMP IT Ar Raihan harus siap mengikuti pembelajaran ini. Dan jangan salah pula, untuk mengukuhkan program ini, sekolah memasukkan ketuntasan baca dan hafalan Alquran sebagai syarat kelulusan sekolah. Sebagaimana kita ketahui, mulai tahun ini, kelulusan peserta didik tidak lagi ditentukan oleh kelulusan Ujian Nasional. Sekolah diberi kewenangan untuk meluluskan dan tidak meluluskan peserta didiknya. (Silahkan ditilik di laman BSNP atau di laman Kemdikbud).



Ujian Tulis PPDB 2015

Ujian Tulis PPDB 2015

Cek Administrasi Kehadiran

Menunggu Giliran Ujian Praktik

Tim Penguji Bahasa Inggris

Tim Penguji Matermatika

Maret, 2015